PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

Rohanah, Lia and Anwar, Wawan Syahiril and Mirawati, Mira (2020) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Lia Rohanah.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Lia Rohanah. 037116041. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kebon Kalapa 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 82 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 45 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel interaksi sosial dan aktivitas belajar peserta didik menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Diperoleh ttabel (α = 0,05) pada taraf 2,021 sehingga daerah H0 berada pada interval -2,021 sampai 2,021 dan H0 ditolak dengan nilai thitung < -2,021 sampai 2,021. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ = 24,20 + 0,79(X) hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel interaksi sosial akan menyebabkan peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebesar 0,79 unit. Kontribusi interaksi sosial terhadap aktivitas belajar ditunjukkan oleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,82 thitung > ttabel (α = 0,05) = 9,3403 > 2,021 dengan koefisien determinasi 0,6724. Hal ini berarti penaikan dan penurunan aktivitas belajar peserta didik dipengaruhi oleh tingkat interaksi sosial sebesar 67,24% sedangkan sisanya 32,76% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif interaksi sosial terhadap aktivitas belajar peserta didik. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:01
Last Modified: 16 Sep 2022 07:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item