Agustiany, Rinny Wulan and Badruzzaman, Nedin and Novita, Lina (2019) PENGARUH BERFIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK Dengan Penelitian Kausal Pada kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PGSD Rinny Wulan A..pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brfikir kritis dengan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan kausal. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Leuwiliang 1 Kabupaten Bogor Pada kelas IV A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 1 Kabupaten Bogor yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang diambil 43 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Uji validitas instrumen interaksi sosial dan disiplin dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan interaksi sosial dengan disiplin siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ =0,0647+0,1987X, Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,75. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,75 atau sebesar 56%.Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana interaksi soial dengan disiplin siswa menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 0,0647+01987X, yang berarti setiap kenaikan unit berfikir kritis menyebabkan kenaikan kreativitas peserta didik 0,87 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara berfikir kritis dengan kreativitas peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 1 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Berfikir kritis, Kreativitas peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:02 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 07:07 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4136 |
Actions (login required)
View Item |