IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 YANG DIPADUKAN DENGAN RINTISAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA CAHAYA RANCAMAYA ISLAMIC BOARDING SCHOOL-BOGOR

Tawakal, Mokh Iqbal and Triasianingrum and Awaludin, M.Taufik (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 YANG DIPADUKAN DENGAN RINTISAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA CAHAYA RANCAMAYA ISLAMIC BOARDING SCHOOL-BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 P BIO Mokh Iqbal Tawakal.pdf

Download (127kB)

Abstract

MOKH IQBAL TAWAKAL. 036115072. Implementasi Pembelajaran Biologi Menggunakan Kurikulum 2013 Yang Dipadukan Dengan Kurikulum Cambridge di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School-Bogor. Dibawah bimbingan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U, dan Muhamad Taufik awaludin M.Pd. Penelitian ni merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran biologi menggunakan kurikulum 2013 yang dipadukan dengan rintisan kurikulum cambridge di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School-Bogor. Penelitian ini dilaksanakan mulai Februari sampai Juli 2019 dengan beberapa informan yaitu Guru Biologi, Kepala Sekolah, Kepala Lab IPA, Direktur Asrama, Siswa, dan Orang Tua Siswa. Penelitian ini dilakukan secara kontak langsung terhadap subjek penelitian yang terdapat dilapangan dan diperoleh dua jenis data yaitu data primer berasal dari wawancara dan observasi, serta data sekunder yang berasal dari studi dokumentasi. Berdasarkan proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran biologi di SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School menggunakan perpaduan dua kurikulum yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum cambridge. Pelaksanaan pembelajaran biologi dengan menggunakan perpaduan dua kurikulum menghasilkan suatu pembelajaran biologi yang dikemas dengan perpaduan antara kurikulum berstandar nasional dan internasional. Evaluasi pembelajaran biologi menggunakan perpaduan kurikulum 2013 dan cambridge menghasilkan kombinasi alat evaluasi yang berasal dari kurikulum 2013 dan cambridge yang disusun menjadi EAS (Evaluation of Achievement standardized exam). Kata Kunci : Pembelajaran Biologi, Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:03
Last Modified: 17 Sep 2022 00:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4147

Actions (login required)

View Item View Item