PENERAPAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI

Maharifah, Maharifah and Sarimanah, Eri and Suhendra (2019) PENERAPAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SIMPENAN KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Maharifah.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Maharifah: Penerapan Teknik Imagine (khayalan visual) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Simpenan Kabupaten Sukabumi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik Imagine dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpenan Kabupaten Sukabumi, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpenan Kabupaten Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. hipotesis pertama yaitu dengan teknik imagine (khayalan visual) dapat meningkatkan pembelajaran menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 1 Simpenan Kabupaten Sukabumi teruji kebenarannya dengan melihat hasil tes awal (pratest) menulis teks cerita fantasi yang diperoleh pada kelas eksperimen bahwa siswa kurang mampu dalam menulis teks cerita fantasi rata-rata 59,00, sedangkan pada akhir (postest) menulis teks cerita fantasi dengan teknik imagine (khayalan visual) pada kelas eksperiemen mengalami peningkatan yaitu mampu dengan nilai rata-rata 80,59. Peningkatan nilai siswa sebanyak 21,59. Dari perhitungan tersebut, diperoleh harga t0 = 3,05 dan hasil d.b = 54, selanjutnya dilakukan pengetesan dalam tabel “t” dalam lampiran V (Arikunto, 2011:406). Nilai d.b= 54 tidak terdapat dalam tabel, dan diperoleh harga t0,95 = 1,67 dan harga t0,99 = 2,39. Dengan demikian, t0 jauh lebih besar dari pada tt atau harga t0 signifikan karena nilai tt < t0, yaitu 1,67 < 3,05 > 2,39. Hal ini menunjukan bahwa penerapan teknik Imagine dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMPN 1 Simpenan Kabupaten Sukabumi. Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan adanya kendala siswa dari hasil analisis angket sebanyak 18% siswa mengalami kendala menyusun tema. Kemudian 25% siswa mengalami kendala menyusun struktur komplikasi dalam menulis teks cerita fantasi. Selanjutnya, 25% siswa mengalami kendala mengumpulkan informasi penting dalam menulis teks cerita dengan menggunakan teknik imagine. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik imagine dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpenan Kabupaten Sukabumi, meskipun pada saat menulis teks cerita fantasi masih mengalami kendala. Kata kunci: Keterampilan Menulis, teks cerita fantasi, teknik imagine.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:03
Last Modified: 16 Sep 2022 07:10
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item