ANALISIS STRATEGI PELAKSANA FUNGSI HUMAS PUSKESMAS CIPANAS LEBAK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA PASIEN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)

Hakim, Firman Maulana and Valdiani, Dini and Alamsyah, Feri Ferdinan (2021) ANALISIS STRATEGI PELAKSANA FUNGSI HUMAS PUSKESMAS CIPANAS LEBAK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA PASIEN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 14.41.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelaksana fungsi Humas Puskesmas Cipanas dalam meningkatkan pelayanan prima pada pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengungkapkan situasi dan permasalahan Puskesmas Cipanas dalam mengimplementasikan strategi pelaksana fungsi humas di Puskemas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Cipanas Kabupaten Lebak di Jalan Raya Gajrug - Muncang KM. 1, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, pada bulan September 2020 hingga Januari 2021. Penelitian ini menggunakan dua subjek penelitian terdiri dari informan kunci sebanyak dua orang dan informan dua orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber untuk membandingkan data hasil wawancara informan kunci dengan data hasil wawancara informan triangulasi. Triangulasi sumber dalam penelitian ini adalah Yayasan Assifa Amilindo Pratama, Serang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teori yang digunakan dengan menganalisis pelaksana fungsi humas Puskesmas Cipanas, Lebak telah menjalankan strategi dalam meningkatkan pelayanan prima dari segi kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan. Hal ini terlihat dari keempat fungsi humas, yaitu sebagai menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik internal dan eksternal, mencipatakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi atau perusahaan kepada publik, dan melayani publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:04
Last Modified: 03 Sep 2022 02:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item