HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DENGAN MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENJUALAN PT. TRANS RETAIL INDONESIA (TRANSMART CIJANTUNG)

Nugraha, Raka Putra and Valdiani, Dini and Aminah, Ratih Siti (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DENGAN MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENJUALAN PT. TRANS RETAIL INDONESIA (TRANSMART CIJANTUNG). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 14.49.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk kepentingan penggunaan media sosial whatsapp di PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Cijantung), untuk mengetahui tingkat kualitas layanan penjualan di PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Cijantung), menganalisis tingkat hubungan antara penggunaan media sosial whatsapp dengan meningkatkan kualitas layanan penjualan PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Cijantung). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara pengunaan media sosial whatsapp, bagaimana meningkatkan kualitas layanan penjualan di PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Cijantung), bagaimana hubungan antara pengunaan media sosial whatsapp dengan meningkatkan kualitas layanan penjualan di PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Cijantung). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Cijantung) pada bulan November 2020 hingga September 2021. Teknik yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik penyebaran kuesioner dan observasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil-hasil analisis data dan penelitian di lapangan bahwa variabel penggunaan media sosial whatsapp dengan nilai rata-rata tertinggi pada indikator groups maka dari itu responden konsumen sangat setuju bahwa menggunakan media sosial whatsapp untuk meningkatkan kualitas pelayanan penjualan sangat efektif. Variabel pelayanan dengan nilai rata rata tertinggi 3,88 pada indikator tangible dan responsiveness. Maka dari itu responden sangat setuju bahwa pelayanan penjualan melalui whatsapp mermudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian produk. Berdasarkan hipotesis Ha, terdapat hubungan yang kuat serta positif antara Penggunaan sosial media whatsapp (X) dengan meningkatkan kualitas pelayanan penjualan (Y), hubungan yang kuat serta positif terjadi pada indikator X terhadap Y dengan nilai signifikansi<0,005 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian hasil dari penelitian ini terdapat hubungan antara pengunaan media sosial whatsapp dengan meningkatkan kualitas pelayanan penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:05
Last Modified: 03 Sep 2022 02:05
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item