ANALISIS SEMIOTIKA PROPAGANDA ILUMINATI DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

DZULFIQAR, HELMI and DURYATMO, SARDI and CAHYANINGRUM, QOUTE NURAINI (2021) ANALISIS SEMIOTIKA PROPAGANDA ILUMINATI DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 14.50.pdf

Download (948kB)

Abstract

HELMI DZULFIQAR. 044116228. 2020. Analisis Semiotika Propaganda Iluminati dalam Media Sosial Instagram. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sardi Duryatmo, dan Qoute Nuraini C. Skripsi ini mengenai propaganda iluminati melalui simbol-simbol iluminati yang menyebar di media sosial, serta simbol-simbol tersebut dianalisis menggunakan analisis semiotika Saussure Analisis semiotika Saussure menganalisis simbol melalui dua cara yaitu signifier (penanda) dan signified (petanda). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif Pengumpulan data dilakukan menggunaka teknik wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini ditemukan 5 simbol iluminati di media sosial. 5 simbol ditemukan dalam 14 akun instagram. Simbol tersebut ialah simbol El diablo, simbol mata Horus, simbol Triple Six/666, simbol pentagram, dan simbol The Eye of Providence atau All Seeing Eye. Kemudian 5 simbol tersebut peneliti analisis menggunakan teori Saussure. Kesimpulan dari penelitian ini 5 simbol iluminati ditemukan dalam media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:05
Last Modified: 03 Sep 2022 02:05
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4176

Actions (login required)

View Item View Item