PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif melalui Pendekatan Studi Kausal pada Siswa Kelas V SDIT Al-Hidayah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021

Nuraini, Nuni and Sumardi and Suchyadi, Yudhie (2020) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif melalui Pendekatan Studi Kausal pada Siswa Kelas V SDIT Al-Hidayah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD NUNI NURAINI.pdf

Download (180kB)

Abstract

Nuni Nuraini. 037116156. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket untuk variabel bimbingan belajar orang tua dan instrumen soal untuk hasil belajar matematika. Uji validitas instrumen bimbingan belajar orang tua menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dan instrumen hasil belajar matematika menggunakan rumus Koefisien Korelasi Biseral. Uji reliabilitas instrumen bimbingan belajar orang tua menggunakan rumus Alpha Cronbach dan instrumen hasil belajar matematika menggunakan rumus Kuder Richardshon (KR-20). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hidayah Kabupaten Bogor yang berjumlah 99 siswa. Sampel yang diambil 50 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian Prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 31,76+0,38X. Dengan harga thitung sebesar 7,42 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 1,73. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hidayah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Bimbingan belajar orang tua, Hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:13
Last Modified: 20 Sep 2022 02:20
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item