PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR Penelitian Studi Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019

Miftahul, Jannah and Sukmanasa, Elly and Handayani, Rukmini (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR Penelitian Studi Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
mif 3.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Miftahul Jannah. 037115144. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan desain penelitian kuantitatif jenis Kausal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Uji validitas interaksi sosial dan aktivitas belajar menggunakan rumus Koefesien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A, IV-B dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang diambil 46 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,660. Ini menunjukkan adanya pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar, sedangkan koefesien determinasi (r2) sebesar 0,44 atau sebesar 44%. Hal ini berarti nilai kontribusi interaksi sosial terhadap aktivitas belajar sebesar 44, melalui persamaan regresi Ŷ = 42,36+0,56X. sisanya sebanyak 56% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara interaksi sosial terhadap aktivitas belajar pada peserta didik kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Semester Genap tahun pelajaran 2018/1019. Kata kunci: Interaksi Sosial dan Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:13
Last Modified: 20 Sep 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item View Item