HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Korelasional di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Fitri, Herdanti Widia and Patras, Yuyun Elizabeth and Anjaswuri, Fitri (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Korelasional di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Herdanti Widia Fitri.pdf

Download (138kB)

Abstract

Herdanti Widia Fitri 037115192 Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan meggunakan soal untuk variabel hasil belajar dan kuisioner berskala lima untuk variabel gaya belajar. Uji validitas instrumen hasil belajar dihitung menggunakan rumus Biserial Point dan untuk koefisien realibilitas dihitung menggunakan KR 20 sedangkan uji validitas gaya belajar menggunakan rumus koefiisien korelasi Product Moment Person dan untuk realibilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor berjumlah 120 siswa. Sampel yang diambil 55 siswa. Diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reriabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = -19,58 + 0,79x, dengan harga thitung sebesar 6,59 lebih dari ttabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,000 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 44%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea kecamatan ciampea semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Gaya Belajar dan Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:13
Last Modified: 20 Sep 2022 03:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item