HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

Suharya and Patras, Yuyun Elizabeth and Purnamasari, Ratih (2019) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD SUHARYA.pdf

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Suharya 037114418. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel Disiplin Belajar dan soal pilihan ganda untuk Hasil Belajar Matematika. Uji validitas instrumen disiplin belajar dan hasil belajar matematika dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor yang berjumlah 103 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan anatara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 60,88+0,17X, dengan harga thitung sebesar 8,38 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,009, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 45%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:14
Last Modified: 20 Sep 2022 03:20
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item