PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kausal Pada Kelas III Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021

Nugraha, Egi and Muhajang, Tatang and Sundari, Fitri Siti (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kausal Pada Kelas III Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD EGI NUGRAHA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Egi Nugraha 037116142 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 15,38 + 0,19X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,628. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 39%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 15,38 + 0,19X, yang berarti setiap kenaikan unit pembelajaran daring menyebabkan kenaikan hasil belajar sebesar 0,19 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika kelas III di Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Pembelajaran daring dan Hasil belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:14
Last Modified: 16 Sep 2022 03:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item View Item