Dina, Rusy and Suhendra and Talitha, Stella (2020) ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS DEBAT KELAS X SMA PLUS PGRI CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2020 PBSI Rusy Dina.pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK Rusy Dina: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Debat Kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rancangan yang dibuat oleh pengajar sebagai panduan sebelum melaksanakan pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar terlaksana dengan baik. Pada RPP terdapat beberapa komponen penting salah satunya model pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai sintak model pembelajaran discovery learning yang diterapkan pada RPP teks debat kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks debat kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor dan subfokus penelitian ini adalah kesesuian Kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor, yaitu stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan/identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik simpulan/generalisasi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks debat kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan, yaitu yaitu metode deskriptif kualitatif, artinya hasil penelitian akan dipaparkan berupa kata-kata dari beberapa temuan data yang telah diolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pengkajian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran teks debat kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor. Dari hasil analisis tersebut ditemukan 24 data yang terdiri atas 4 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan RPP tersebut telah menerapkan keemam sintak model pembelajaran discovery learning dinyatakan dalam beberapa kegiatan pembelajaran yang terdapat pada RPP dimulai dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan data dan menarik simpulan dari data yang telah didapatkan sebelumnya. Hal tersebut menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran teks debat kelas X SMA Plus PGRI Cibinong Kabupaten Bogor sudah sesuai dalam menerapkan sintak/langkah model pembelajaran discovery learning. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Debat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 03:21 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4274 |
Actions (login required)
View Item |