PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas IVSekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Kurniawati, Dwi and Budiana, Sandi and Mirawati, Mira (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas IVSekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD DWI KURNIAWATI.pdf

Download (78kB)

Abstract

Dwi Kurniawati 037115181. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery learning. Universitas Pakuan. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimen. Desain penelitian ini yaitu nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Pabuaran 01 sejumlah 111 Siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 74 siswa di kelas ekperimen dan 37 siswa di kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar siswa berdasarkan pada instrumen berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal dengan teknik analisis data menggunakan Uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan melalui model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata pretest sebesar 37 %, posttest 77 % dan rata-rata N-Gain sebesar 62 %dan model pembelajaran discovery learning dengan nilai rata-rata pretest sebesar 42 %, posttest 83% dan rata-rata N-Gain sebesar 70 %. Berdasarkan hal tersebut, maka hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung> ttabel yaitu (2,53) > (1,99346). Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning lebih efektif maka guru disarankan menggunakan model tersebut guna meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning,Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:14
Last Modified: 20 Sep 2022 03:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item