PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar Negeri Sukahati 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Ratu, Resti Polami and Anwar, Wawan Syahiril and Indriani, Rini (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA, IVB, IVC Sekolah Dasar Negeri Sukahati 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD RESTI PL.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Resti Polami Ratu, 037115062. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini Menggunakan metode eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A, IV-B, dan IV-C SDN Sukahati 01 Kabupten Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas. Kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh nilai N-Gain 78, model pembelajaran Student Team Achievement Division diperoleh nilai N-Gain 70 dan model pembelajaran konvensional diperoleh N-Gain 61. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok model Problem Based Learning dan model Student Team Achievement Division menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,2459) > ttabel (1,9954). Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, serta model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Student Team Achievement Division.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:17
Last Modified: 16 Sep 2022 03:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4291

Actions (login required)

View Item View Item