HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020

Nursakinah, Siti Alpiah and Patras, Yuyun Elizabeth and Purnamasari, Ratih (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Siti Alpiah Nursakinah.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku, Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor dengan populasi 97 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 49 siswa dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian berupa lembar angket dan instrumen soal. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment, uji Liliefors,dan uji Fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 6,654 yang berada pada taraf signifikan 5% sebesar 1,676, dan ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,68 sehingga besarnya kontribusi kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku ditunjukkan oleh koefisien (r2) sebesar 0,50 dengan koefisien determinasi sebesar 50% dari data tersebut dapat dirumuskan bahwa kebiasaan membaca dapat berperan dengan memberi kontribusi 50% terhadap hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku sedangkan 50% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor. Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Hasil Belajar, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:17
Last Modified: 20 Sep 2022 03:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item