HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurjanah, R. Siti and Budiana, Sandi and Sundari, Fitri Siti (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD R. SITI.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK R. Siti Nurjanah, 037115028. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Matematika. Tempat penelitian yaitu di Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 121 dengan rincian kelas V-A berjumlah 40 siswa, kelas V-B berjumlah 41 siswa, dan kelas V-C berjumlah 40 siswa. Sampel yang diambil 55 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dalam variabel terikat hasil belajar Matematika menggunakan nilai tes. Sementara untuk variabel bebas gaya belajar siswa menggunakan angket yang berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Matematika. Teknik analisis regresi koefisien korelasi r sebesar 0,664 yang berarti hubungan antara variabel kuat. Korelasi menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 25,5+0,98X, artinya setiap gaya belajar siswa naik satu unit, maka hasil belajar Matematika mengalami kenaikan sebesar 0,98. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan hasil belajar Matematika. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar dan Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:17
Last Modified: 16 Sep 2022 03:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item