Wulandari, Meiesa Sri and Nurjaman, Aam and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JONGGOL KAB. BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PBSI Meiesa Sri W..pdf Download (126kB) |
Abstract
ABSTRAK Meiesa Sri Wulandari : Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jonggol Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2019. Tujuan peneltian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jonggol Kabupaten Bogor, dan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis teks narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jonggol Kabupaten Bogor. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi pada kelas VII SMP Negeri 1 Jonggol Kabupaten Bogor, teruji kebenarannya dengan melihat hasil prates dan pascates. Nilai rata-rata tes awal (prates) di kelas eksperimen 45,5 menunjukan taraf kurang mampu, sedangkan nilai tes akhir (pascates) 70 menunjukan taraf cukup mampu, dengan ini keterampilan menulis teks narasi mengalami peningkatan. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui peningkatan nilai siswa setelah menggunakan model Problem Solving. Berdasarkan hasil perbandingan mean dengan rumus t-tes diperoleh harga t0 = 3,0 dan db = 60 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,30. Dengan demikian t0 jauh lebih besar dari tt atau harga t0 signifikan karena nilai tt<t0, yaitu 1,67<3,0>2,30. Artinya penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jonggol Kabupaten Bogor. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan yang signifikan. Hipotesis kedua terbukti kebenarannya, siswa mengalami kendala dalam menulis teks narasi. Kendala tersebut yaitu siswa mengalami kendala dalam pembelajaran teks narasi menggunakan model Problem Solving. Dengan demikian, model Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi meskipun siswa mengalami kendala. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Narasi, Problem Solving
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:17 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 03:13 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4305 |
Actions (login required)
View Item |