ANALISIS STRATEGI MGS TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL

PUTRA, ALDI SUKMANA and VALDIANI, DINI and MUSLIM, MUSLIM (2021) ANALISIS STRATEGI MGS TV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
CamScanner 09-02-2022 11.52.pdf

Download (928kB)

Abstract

Aldi Sukmana Putra. 044116062. 2020. Analisis Strategi MGS TV Dalam Mempertahankan Eksistensi Sebagai Televisi Lokal. Fakultas Ilmu Sosial Dan Hmu Budaya, Program Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor Dibawah bimbingan Dini Valdiani dan Muslim Stasiun televisi lokal MGS TV hadir ditengah-tengah masyarakat Bogor dan Sukabumi sejak 7 November 2004 dan mengudara pada kanal 32 UHF dengan jangkauan wilayah kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan sebagian wilayah Sukabumi. Kehadirannya sebagai televisi lokal yang telah berdiri selama 16 tahun ini tidaklah mudah, keadaan finansial yang tidak stabil membuat MGS TV sempat mengalami kebangkrutan di tahun 2015 ditambah lagi MGS TV harus bersaing dengan televisi nasional, televisi lokal dan media digital lainnya. Maka dari itu untuk tetap bisa mengudara serta bertahan di dalam industri penyiaran lokal, MGS TV melakukan berbagai strategi - strategi agar bisa tetap bertahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi MGS TV dalam mempertahankan eksistensi sebagai televisi lokal dengan menggunakan teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya, sebuah media harus memiliki 3 sumber penunjang hidup utama yakni types of content (jenis isi media), types of audience (jenis khalayak sasaran) dan yang terakhir yaitu capital (pemasukan iklan). Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, melakukan observasi serta pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MGS TV dalam mempertahankan eksistensinya dan bertahan selama 16 tahun di industri penyiaran lokal yaitu dengan menjalankan berbagai strategi diantaranya: melakukan strategi program (melakukan perencanaan program, melakukan strategi dalam produksi dan pembelian program acara, menempatkan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton, melakukan pengawasan dan evaluasi program), melakukan segmentasi, positioning dan targeting dalam merebut pasar audien (melakukan segmentasi, memilih target penonton, serta membangun persepsi penonton melalui tagline), dan yang terakhir adalah melakukan strategi pemasaran dalam memasarkan programnya (bekerjasama dengan pemerintah dan swasta, mengadakan ever-event serta kegiatan off air)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:20
Last Modified: 03 Sep 2022 02:20
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item View Item