Dahlia, Andina Elsam and Sukmanasa, Elly and Mulyawati, Yuli (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Studi Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cimandala 02 Kecamatan Cimandala Kabupaten Bogor Semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PGSD ANDINA E.pdf Download (66kB) |
Abstract
ABSTRAK Andina Elsam Dahlia. 037114056. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Dengan Pendekatan Saintifik Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini adalah quantitative eksperimen quasi, bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Discovery Learning, model pembelajaran Problem Based Learning, dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A, IV B, dan IV C sejak bulan Juli ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Uji instrument pilihan ganda sebanyak 35 soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,74. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat dengan uji normalitas dari ketiga sampel yang berdistribusi normal karena nilai Lhitung<Ltabel. pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar 3,89 < X2tabel 5,991.Dilakukan uji hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran konvensional, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 62 dengan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok sebesar 83,33%, dan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 46 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 40%, serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,38) > ttabel (1,998). Tidak terdapat perbedaan hasil belajar subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai rata-rata N-Gain 52 dengan ketuntasan hasil belajar 87,87% dan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata N-Gain 46 dengan ketuntasan hasil belajar 40% serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak karena thitung (1,33) < ttabel (1,997). Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai rata-rata N-Gain 62 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 87,87% dan model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 52 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 83,33% serta pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,47) > ttabel (1,9978). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema manusia Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, dan konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Problem Based Learnin
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 02:42 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4346 |
Actions (login required)
View Item |