STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI PRODUKSI SUSU BOGOR DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN

Faturrahman, Rafli and Duryatmo, Sardi and Ginting, Wiranta Yudha (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI PRODUKSI SUSU BOGOR DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-02-2022 12.06.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran pada koperasi produksi susu bogor dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, (2) untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan koperasi produksi susu bogor dalam melakukan strategi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakam penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Peneliti memiliki key informan yaitu manajer koperasi produksi susu dan bagian produksi koperasi produksi susu bogor. Sedangkan untuk informan yaitu pelanggan lama dan pelanggan baru di koperasi produksi susu bogor. Dalam memperoleh data digunakan metode wawancara, obeservasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik teiangulasi, yaitu triangulasi sumber. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan model analisis interaktif yang bergerak diantara kompomen data yaktu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Koperasi Produksi Susu Bogor melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran dalam bentuk Strategi Komunikasi Pemasaran. Dalam promosi yang dilakukan oleh Koperasi Produksi Susu Bogor menggunakan beberapa strategi kommunikati pemasaran yaitu segmentasi pasar yang dilakukan Koperasi Produksi Susu Bogor adalah berdasarkan pukografis, segmentasi pasar berdasarkan psikografis terdiri atas gaya hidup dan kepribadian. Targeting perusahaan yang fokus menjadi kekuatan perusahaan karena perusahaan akan berusaha memenuhi dan melayani permintaan konsumen dengan sebaik mungkin, positioning citra prodak Koperasi Produksi Susu Bogor sebagai susu pasteurisasi yang segar dan berkualitas perlu terus dikembangkan. Diferensiasi Koperasi Produksi Susu Bogor memproduksi produk susu yang relative lebih murah serta memilika kualitas yang baik, selain itu penelitian melihat dari segi loyalitas pelanggan untuk menunjang kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Koperasi Producu Susu Bogor dengan memanfaatkan komitmen pelanggan, kepuasan pelanggan, keinginan pelanggan, dan daya tahan pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:16
Last Modified: 03 Sep 2022 03:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item