PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Wulandari, Catur and Rustandi, Yuyus and Mulyawati, Yuli (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD CATUR.pdf

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Catur Wulandari 037115267. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain dan model kausal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor Tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 85 dengan sampel sebanyak 46 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel perhatian orang tua dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,68 yang berarti tingkat pengaruh tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 8,386 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 yang berarti signifikan, sedangkan koefisien determinasi sebesar 46,24%. Hal ini berarti kontribusi variabel perhatian orang tua dalam meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 46,24%, melalui persamaan regresi Ŷ = 7,63+0,65x. Artinya, ada pengaruh yang positif antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:15
Last Modified: 16 Sep 2022 02:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item