PENERAPAN TEKNIK STORYBOARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL KABUPATEN SUKABUMI

Ulfah Azizah, Fitriana Dwi and Nurjaman, Aam and Mahajani, Tri (2019) PENERAPAN TEKNIK STORYBOARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Fitriana Dwi A. U.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK Fitriana Dewi Azizah Ulfah: Penerapan Teknik Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Kabupaten Sukabumi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik Storyboard dalam meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri Model Kabupaten Sukabumi dan kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menulis teks drama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri Model Kabupaten Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan teknik Storyboard dapat meningkatkan keterampilan menulis teks drama dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 51,7 (kurang mampu), sedangkan hasil postes kelas eksperimen nilai rata-rata 76,7 (mampu). Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui rumus uji-t diperoleh harga t0 = 3,00 dan db = 58 dengan tt taraf signifikansi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikansi 1% sebesar 2,39 dengan demikian t0 lebih besar dari tt atau harga t0 signifikan karena nilai tt < t0 yaitu 1,67<3,00>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu adanya kendala dalam menulis teks drama terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang menyatakan bahwa 19 siswa atau 63% siswa lebih menyukai membaca teks drama dibandingkan menulis teks drama, 17 siswa atau 57% kesulitan dalam menenentukan tokoh dengan ekspresi penokohan dan kesesuaian tokoh yang dideskripsikan. Kemudian 15 siswa atau 50% mengalami kesulitan dalam menulis teks drama sesuai dengan kaidah kebahasaan teks drama. Kata kunci : keterampilan menulis, teks drama, teknik Storyboard

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:17
Last Modified: 16 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item