PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah DasarNegeri JulangKecamatan Tanah Sareal KOtaBogor Semester Ganjil 2019/2020

Pakpahan, Setiawati and Helena, Griet and Muhajang, Tatang (2019) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah DasarNegeri JulangKecamatan Tanah Sareal KOtaBogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Setiawati Pakpahan.pdf

Download (132kB)

Abstract

Setiawati Pakpahan. 037115099. Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Kreativitas Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kausal yang terdiri dari manajemen kelas sebagai variabel bebas dan kreativitas siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara manajemen kelas terhadap kreativitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A, IV-B dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor yang terdiri dari 50 sampel responden 23 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Kreativitas Siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,55. Besarnya pengaruh variabelmanajemen kelas terhadap kreativitas siswa dapat dilihat melalui persamaan regresi Ῠ = 26,228+0,7549x, artinya jika terdapat manajemen kelas sebesar satu unit maka kreativitas siswa akan mengalami peningkatan sebesar 0,55. Selanjutnya koefisien determinasi (r2) sebesar 0,3025 atau 30,25%. Artinya kenaikan atau penurunan kreativitas siswa dipengaruhi oleh manajemen kelas sebesar 30,25% sedangkan 69,75% kreativitas siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.Dimana persyaratan uji hipotesis statistik; Ho:py=0 (tidak terdapat pengaruh antara manajemen kelas (X) terhadap kreativitas siswa (Y)); Ha:py>0 (terdapat pengaruh manajemen kelas (X) terhadap kreativitas siswa (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara Manajemen Kelas Terhadap Kreativitas Siswa. Hal ini berarti untuk meningkatkan kreativitas siswa maka harus memperbaiki manajemen kelas. Kata kunci : manajemen kelas dan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:18
Last Modified: 15 Sep 2022 07:08
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4423

Actions (login required)

View Item View Item