HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Babakan Dramaga 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Nufiana and Muhajang, Tatang and Handayani, Rukmini (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Babakan Dramaga 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Nufiana.pdf

Download (158kB)

Abstract

Nufiana 037115135. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan studi penelitian korelasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner variabel kemandirian belajar dan variabel hasil belajar matematika menggunakan tes bentuk soal essay. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor berjumlah 97 peserta didik. Sampel yang diambil 49 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher. Teknik analisis regresi dan uji korelasi Product Moment (Pearson) menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 39,9 + 0,43x, dan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,61 yang termasuk hubungan kategori yang kuat dengan kontribusi sebesar 0,37 atau 37%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,69) > ttabel (2,021). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemandirian dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Matematika, dan Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:33
Last Modified: 16 Sep 2022 00:59
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4447

Actions (login required)

View Item View Item