PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Sabti, Nur Baeti and Patras, Yuyun Elizabeth and Windiyani, Tustiyana (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Nur Baeti Sabti.pdf

Download (127kB)

Abstract

Nur Baeti Sabti. 037116094. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 117 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,38. Ini menunjukan adanya adanya pengaruh antara disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,14 atau sebesar 14%. Sisanya sebanyak 86% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kemandirian belajar pada siswa sebesar 14% ditentukan oleh disiplin belajar melalui persamaan regresi Ŷ= 54,93+(0,41X), artinya setiap kenaikan unit nilai disiplin belajar akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,41 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Disiplin Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:37
Last Modified: 15 Sep 2022 07:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4457

Actions (login required)

View Item View Item