PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi Kurilukum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kartika Sejahtera 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Anggraeni, Litha Fitri and Rostikawati, Teti and Wijaya, Ade (2020) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi Kurilukum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kartika Sejahtera 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Litha Fitri Anggraeni.pdf

Download (163kB)

Abstract

Litha Fitri Anggraeni. 037116089. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Handout Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini adalah eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar handout terhadap hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A yang berjumlah 34 peserta didik, dan kelas IV-B yang berjumlah 33 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kartika Sejahtera 02 Kabupaten Bogor pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada klompok kelas eksperimen sebesar 65 dan ketuntasan hasil belajar sebesar 91,17%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain sebesar 40 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 60,6%. Pada hasil uji hipotesis didapatkan nilai thitung (4,67954) > ttabel (1,99714) dengan dk = 65 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar handout terhadap hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri Kartika Sejahtera 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahan Ajar Handout

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:37
Last Modified: 15 Sep 2022 07:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item