PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021

Tyas, Litania Ayuning and Muhajang, Tatang and Mirawati, Mira (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Litania Ayuning Tyas.pdf

Download (149kB)

Abstract

Litania Ayuning Tyas. 037116025. Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausalitas pada kemandirian belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 78 dengan sampel sebanyak 44 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel kemandirian belajar dan menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,557 sedangkan koefisien determinasinya sebesar 31,02%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika sebesar 31,02% ditentukan oleh disiplin belajar melalui persamaan regresi Ŷ = -8,97 + 0,81X. Sisanya ditentukan oleh faktor lain. Diperoleh thitung sebesar 6,003 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,000 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:41
Last Modified: 15 Sep 2022 07:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item