PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Haniyah, Wardah and Anwar, Wawan Syahiril and Anjaswuri, Fitri (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD WARDAH HANIYAH.pdf

Download (105kB)

Abstract

Wardah Haniyah. 037116201. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah 109 peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah peserta didik dengan sampel sebanyak 52 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kemandirian belajar dan hasil nilai rapor semester genap untuk variabel prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,503 dan diperoleh thitung sebesar 3,651, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,253 atau sebesar 25,3%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar peserta didik sebesar 25,3% ditentukan oleh kemandirian belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = 66,2+ 0,13X. Sisanya sebanyak 74,7% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik maka harus memerhatikan kemandirian belajar peserta didik tersebut. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:41
Last Modified: 15 Sep 2022 07:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item