PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

Fadhilah, Nida Nur and Kurnia, Dadang and Mulyawati, Yuli (2020) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Nida Nur Fadhilah.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 71 peserta didik dengan sampel sebanyak 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis instrumen tes yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis narasi ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (rxy) sebesar 0,65. Koefisien determinasi 0,4225 atau sebesar 42,25%, sedangkan 57,75% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ = 80,38 + 0,056X hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel kemampuan membaca pemahaman akan menyebabkan peningkatan keterampilan menulis narasi sebesar 0,056 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis narasi pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun 2019/2020. Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Narasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:41
Last Modified: 15 Sep 2022 07:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item View Item