HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Kota Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Rochaini, Lutfy and Hidayat, Rais and Yuyus (2019) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Kota Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Lutfy Rochaini.pdf

Download (233kB)

Abstract

Lutfy Rochaini. 037114379. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel kepercayaan diri dan variabel kemandirian belajar. Uji validitas kepercayaan diri dan kemandirian belajar menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor berjumlah 83 siswa. Sampel yang diambil 45 siswa, diperoleh menggunakan rumus Slovin. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 42.172 + 0.4296 X, dengan harga Fhitung sebesar 37,66 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,74 dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 46.2%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jadi untuk meningkatkan kemandirian belajar dibutuhkan kepercayaan diri yang baik. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:42
Last Modified: 15 Sep 2022 07:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item