AUDIO VISUAL VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Penelitian dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Siswa Kelas IVA dan IVCSemester Gasal Sekolah Dasar Negeri Papandayan Tahun Ajaran 2019/2020

Nuraeni, Indri Marsa and Badruzzaman, Nedin and Novita, Lina (2019) AUDIO VISUAL VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Penelitian dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Siswa Kelas IVA dan IVCSemester Gasal Sekolah Dasar Negeri Papandayan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD INDRI MASYA NURAENI.pdf

Download (129kB)

Abstract

Indri MarsaNuraeni, 037115174. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen Quasi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar subtema bersyukurataskeberagaman dengan menggunakan media pembelajaran video. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Papandayan di kelas IV semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 33 butir soal dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,837. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan uji t, maka terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman. Di kelas eksperimen diperoleh nilai N-Gain 60,5 dengan ketuntasan hasil belajar 90,9% sedangkandi kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain 38 dengan ketuntasan hasil belajar 58,06%. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung>ttabel (4,6111>1,99897). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media video terhadap hasil belajar subtema bersyukurataskeberagaman di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Papandayan Semester Gasal tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:42
Last Modified: 15 Sep 2022 07:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item