PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021

Setiawan, Alan and Sukmanasa, Elly and Wijaya, Ade (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Screenshot 2022-08-25 at 13-23-18 Skripsi Alan Head cover.pdf.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Alan Setiawan, 037117008. Pengaruh Penarapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar subtema Perubahan lingkungan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan,2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar subtema Perubahan Lingkungan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas V A dan Model Pembelajaran Konvensional kelas V B. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SD Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor Kelas V A dan Kelas V B pada bulan April semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 84 dengan kriteria tingi, dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 74 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,102 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogeny karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,105 ≤ 2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 3,652 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema Perubahan Lingkungan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci: Problem Based Learning,Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:46
Last Modified: 26 Aug 2022 12:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item