HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN

Putri, Regina Anggrahini and Elizabeth, Yuyun and Safitri, Nurlinda (2019) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Regina Anggrahini Putri.pdf

Download (102kB)

Abstract

Regina Anggrahini Putri. 037115116. Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman. Metode yang digunakan yaitu metode survei melalui pendekatan studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 2 Kecamatan Cilangkap Kota Depok berjumlah 102 peserta didik. Sampel yang diambil 51 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane.Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Penguji prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan Uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman.Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ỷ= 13,11 + 0,61X, dengan harga Fhitung sebesar 45,25 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 4,04 dengan taraf 7,18, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 51%sedangkan hanya 49% sisanya dipegaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kesiapan belajar dengan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 2 Kecamatan Tapos Kota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:43
Last Modified: 15 Sep 2022 07:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item