PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Fauziah, Rizka and Sukmanasa, Elly and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Rizka Fauziah.pdf

Download (137kB)

Abstract

Rizka Fauziah, 037115122. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Discocery Learning pada siswa kelas IV-A, IV�B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cikaret 04 Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cikaret 02 Kabupaten Bogor Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C. Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah populasi ini adalah 93 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas (Lilieofors), uji homogenitas varians (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t, maka: Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning memperoleh N-Gain 70, dan Model Pembelajaran Konvensional mendapat N-Gain 48. Model Pembelajaran Discovery Learning memperoleh N-Gain 59, dan model pembelajaran Konvensioanl mendapat N-Gain 48. Model Pembelajaran Problem Based Learning memperoleh N-Gain 70 dan Model Discovery Learning mendapatkan N�Gain 59. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Discovery Learning, dan yang paling efektif adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:43
Last Modified: 15 Sep 2022 07:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item