PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING Studi Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IVAdanIVB Sekolah Dasar KebonPedes 1Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayat tulloh, Muhammad and Kurnia, Dadang and Mulyawati, Yuli (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING Studi Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IVAdanIVB Sekolah Dasar KebonPedes 1Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD MUHAMMAD SAYARIFHIDAYATULLOH.pdf

Download (109kB)

Abstract

MuhamadSyarifHidayatulloh,037115165. Perbedaan Hasil Belajar Subtema KebersamaandalamKeberagaman Melalui Model Pembelajaran Discovery Learningdan ModelPembelajaranProblem Based Learning pada siswa kelas IV-A,dan IV-B,Sekolah Dasar Negeri KebonPedes 01 Kecamatan Tanah Sareal KotaBogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Quasi Desain Dua Grup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Subtema KebersamaandalamKeberagaman melalui model Discovery Learning (Kelas Eksperimen I),danModel Problem Based Learning (Kelas EksperimenII).Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri KebonPedes 01 Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor Kelas IV-A,danIV-B pada bulan Juli, Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t, maka: Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Subtema KebersaamandalamKeberagamanPembelajaranke I Melalui ModelDiscovery Learning memperoleh rata-rata nilai N-Gain 68,00,dan ModelProblem Based Learning rata-rata nilai N-Gain sebesar 60,00.Pembelajarankedua Melalui ModelDiscovery Learning memperoleh rata-rata nilai N-Gain 67,00, dan modelProblem Based Learning rata-rata nilai N-Gain sebesar 57,00.Pembelajaranketiga Melalui Model Discovery Learning Learning memperoleh rata-rata nilai N-Gain 66,00 dan Model Problem Based Learning rata-rata nilai N-Gain 53,00. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan Hasil Belajar Subtema KebersamaandalamKeberagamanMelalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning, dan yang paling efektif adalah model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:45
Last Modified: 15 Sep 2022 07:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4534

Actions (login required)

View Item View Item