PENGARUH DISIPLIN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semeru 01 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Rahmah, Nadiya Nur and Anwar, Wawan Syahiril and Ghani, Resy A (2019) PENGARUH DISIPLIN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Semeru 01 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD NADIA N.pdf

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Nadiya Nur Rahmah. 037115154. Pengaruh Disiplin Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausal yang terdiri dari disiplin peserta didik sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif disiplin peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A, V B, dan V C SDN Semeru 01 Kota Bogor yang terdiri dari 54 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2018/2019. Instrumen penelitian ini berupa tes untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika dan angket untuk mengumpulkan data disiplin peserta didik. Hasil penellitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata disiplin peserta didik sebesar 104,3 berada pada taraf interpretasi baik dan nilai rata-rata hasil belajar matematika sebesar 72 kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,53. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,28 atau sebesar 28%. Hal ini berarti nilai disiplin peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 28% melalui persamaan regresi Y=- 0,97 + 0,7X. sisanya sebanyak 72% ditentukan faktor lain. Sedangkan dari Uji t diperoleh thitung = 4,54, dan ttabel (ɑ=0,05) untuk dk 52 sebesar 2,02 yang menunjukan bahwa thitung > ttabel. Dimana prasyaratan uji hipostatistik ; H0:py > 0 (terdapat pengaruh disiplin peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan antara disiplin peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Hal ini berarti untuk meningkatkan hasil belajar matematika harus memperhatikan disiplin peserta didik. Kata kunci : Disiplin Peserta Didik, Hasil Belajar, dan Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:46
Last Modified: 15 Sep 2022 06:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4545

Actions (login required)

View Item View Item