LEMBAR PENGESAHAN HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENULIS KARANGAN NARASI Peneliatian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Kubang 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

Torensah, Nur Atikah and Budiana, Sandi and Mulyawati, Yuli (2022) LEMBAR PENGESAHAN HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENULIS KARANGAN NARASI Peneliatian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Kubang 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022PGSD NUR A.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Atikah Torensah. 037117091. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menulis Karangan Narasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi. Uji validitas instrumen kemampuan membaca pemahaman dan menulis karangan narasi dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kubang 01 Kabupaten Bogor berjumlah 82 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 45 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dilakukan uji normalitas, dilakukan uji homogenitas (Fisher). Data yang telah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan ada hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi. Hal ini terlihat dari perhitungan kolerasi yaitu nilai signifikansi regresi dinyatakan signifikan jika Fhitung > Ftabel (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui Fhitung = 6,195 > Ftabel (0,05) = 4,07 dengan dk = n-2. Teknik analisis regresi kolerasi sederhana menghasilkan hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu = 33,4 + (0,55)X, sedangkan koefisien determinasi (besarnya hubungan) kedua variabel dengan thitung 45,82 lebih besar dari t tabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,018, dan kontribusi berdasarkan kemampuan membaca pemahaman dan menulis karangan narasi memberikan kontribusi 98,0%. Sedangkan 0,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Kubang 01 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Menulis Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:00
Last Modified: 15 Sep 2022 06:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item