ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM TIGA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP DI KOTA BOGOR

Saadah, Nur and Nurjaman, Aam and Budiana, Sandi (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM TIGA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP DI KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PBSI NUR SAADAH.pdf

Download (176kB)

Abstract

Nur Sa’adah: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Tiga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VII SMP di Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2021. Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan acuan bagi guru dalam proses pembelajaran di kelas sehingga lebih terarah. Rencana pelaksanaan pembelajaran dikembangkan dengan rinci dari materi pokok. Model pembelajaran adalah rangkaian penyajian materi yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat membuat suasana pembelajaran lebih aktif dan menarik sehingga peserta didik dapat termotivasi ketika pembelajaran berlangsung. Pada tulisan ini, peneliti menganalisis model pembelajaran model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Insan Kamil, SMP Tarbiyatul Huda dan SMP Yapina. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Insan Kamil, SMP Tarbiyatul Huda dan SMP Yapina. Penelitian dilakukan pada dua pertemuan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut. Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan membaca langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan dilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini, agar peneliti dapat mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran telah sesuai. Terdapat 42 data yang ditemukan. Pada pertemuan satu mengenal memahami struktur teks laporan hasil observasi, lalu pada pertemuan kedua menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi. Kata kunci : Model discovery learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, teks laporan hasil observasi, kualitatiF

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:17
Last Modified: 15 Sep 2022 06:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item