IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASISAL-QUR’ANDI SMPIT SAINS AL-QUR’AN AL-ABROR

Makbul, Ilham Zein and Kurniasih, Surti and Herawati, Desti (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASISAL-QUR’ANDI SMPIT SAINS AL-QUR’AN AL-ABROR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 P BIO Ilham Zein Makbul.pdf

Download (107kB)

Abstract

ILHAM ZEIN MAKBUL 036115047. ImplementasiPembelajaranSainsBerbasis Al-Qur’an di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbinganDr.SurtiKurniasih, M.Si., dan DestiHerawati, M.Pd. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganmetodedeskriptifanalitik. Tujuandilakukannyapenelitianiniuntukmenganalisisdan mendeskripsikanpembelajaransainsberbasis Al-Qur’an di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror. PenelitiandilaksanakanmulaidariJanuari - Juni 2019 denganbeberapainformanyaitu guru sains, kepalasekolah, wakasekkurikulum, guru tafsir ayat-ayatsains dan siswa. Penelitianinidilakukanlangsungterhadapsubjekpenelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data melaluiwawancara dan observasi, serta data daristudidokumentasi. Berdasarkananalisis data, pembelajaransainsberbasis Al-Qur’an terbagimenjadi 3 proses diantaranyaperencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada penelitianinidigali juga data mengenairesponsiswaterhadappembelajaransainsberbasis Al-Qur’an. Perencanaanpembelajarandimulaiawalajaranbarudenganmengadakanrapatkerjauntukmembahasadministrasipembelajaran oleh setiap guru. Kompetensi inti mengacu pada kurikulum 2013 dan menguraikanyamenjadiaktivitaspembelajaranberbasis Al-Qur’an denganpendekatansaintifiksertasumberbelajaryaitu Al-Qur’an, hadist, dan modul. Pelaksanaanpembelajaransainsterdiridarimembaca, menulis, mengartikan, menghapal, menjelaskanayat Al-Qur’an tentangsains. Evaluasipembelajaranterdiridaripenilaiankompetensi dan tafsir ayat-ayatsains. Responsiswaterhadappembelajaransainsberbasis Al-Qur’an memberikandampakpositifterhadapsiswasehinggmembentuksiswamenjadipribadi yang taat dan tundukkepadatuhan yang mahaesa. Kata kunci: PembelajaranBerbasis Al-Qur’an, PerencanaanPembelajaran, Evaluasipembelajaran, Responsiswaterhadappembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:38
Last Modified: 15 Sep 2022 06:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item