Hubungan Kepribadian dan Kepemimpinan Melayani dengan Organizational Citizenship Behavior (Studi Empirik pada Perawat In-Patient RS PMI Bogor)

Meiti, Silviany Fitria and Sunaryo, Widodo and Kasmir, Kasmir (2020) Hubungan Kepribadian dan Kepemimpinan Melayani dengan Organizational Citizenship Behavior (Studi Empirik pada Perawat In-Patient RS PMI Bogor). Thesis thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text (cover-abstrak)
1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan organizational citizenship behavior pad a perawat in-patient di RS PMI Bogor melalui upaya pengembangan variabel kepribadian dan kepemimpinan melayani. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 168 orang perawat in-patient dengan sam pel sebanyak I 19 orang menggunakan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 5%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan 5 skala pengukuran (rating scale). Teknik pengambilan sam pel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan: I. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepribadian dengan organizational citizenship behavior. Kekuatan hubungan antara kepribadian dan organizational citizenship behavior sebesar 0,972 (ry! = 0,972) dan kepribadian memberikan kontribusi terhadap organizational citizenship behavior sebesar 94,4%; 2. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan melayani dengan organizational citizenship behavior. Kekuatan hubungan antara kepemimpinan melayani dengan organizational citizenship behavior sebesar 0,985 (rY2 = 0,985) dan kepemimpinan melayani memberikan kontribusi terhadap organizational citizenship behavior sebesar 97%; 3. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepribadian dan kepemimpinan melayani secara bersama-sama dengan organizational citizenship behavior. Kekuatan hubungan antara kepribadian dan kepemimpinan melayani secara bersama-sama dengan organizational citizenship behavior sebesar 0,987 (ry = 0,987) dan memiliki kontribusi sebesar 97,4% 1.2 terhadap organizational citizenship behavior. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa organizational citizenship behavior dapat ditingkatkan melalui kesesuaian tipe kepribadian dan kemampuan pemimpin dalam melayani perawat in-patient RS PMI Bogor dengan baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Pascasarjana > MANAJEMEN S2 > MSDM
Divisions: Pascasarjana > Manajemen (S2)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:58
Last Modified: 03 Sep 2022 04:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item