HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA Studi Korelasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Andriani, Reny and Patras, Yuyun Elizabeth and Windiyana, Tustiyani (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA Studi Korelasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD RENY A.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Reny Andriani. 037114188. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Persepsi Kecerdasan Emosional Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2019. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Kuantitatif Studi Korelasional yang terdiri dari pola asuh orang tua sebagai variabel bebas (X) dan persepsi kecerdasan emosional siswa sebagai variabel terikat (Y).Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Persepsi Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor berjumlah 100 siswa. Sampel yang diambil 50 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = -0,134 + 0,96x. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit pola asuh orang tua menyebabkan peningkatan pada persepsi kecerdasan emosional siswa sebesar 0,96 unit. Kekuatan hubungan pola asuh orang tua dengan persepsi kecerdasan emosional siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai r sebesar 0,99 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Besarnya kontribusi pola asuh orang tua dengan persepsi kecerdasan emosional siswa ditunjukkan oleh koefisien korelasi determinasi (r2) sebesar 0,98 hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel X dengan variabel Y sebesar 98%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan persepsi kecerdasan emosional siswa pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Persepsi Kecerdasan Emosional Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 05:04
Last Modified: 15 Sep 2022 04:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item