HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA Studi Korelasional di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Bogor Semester Ganjil 2019/ 2020

Alfiyah, Fifi and Patras, Yuyun Elizabeth and Anjaswuri, Fitri (2019) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA Studi Korelasional di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Bogor Semester Ganjil 2019/ 2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSDFifi.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Fifi Alfiyah 037115184. Hubungan Disiplin Belajar dengan Minat Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini menggunakan model penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan minat belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel disiplin belajar dan minat belajar matematika. Uji validitas instrumen disiplin belajar dan minat belajar matematika dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Bogor yang berjumlah 90 peserta didik. Sampel yang di ambil 47 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian pasyarat analisis berupa uji normalitas liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukkan terdapat hubungan disiplin belajar dengan minat belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,65. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 67,42 + 0,57 (X), dengan harga thitung sebesar 5,73 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,02 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 42%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan minat belajar. Kata kunci: Disiplin Belajar, Minat Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:35
Last Modified: 15 Sep 2022 04:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item View Item