Nurhabibah, Fatimah and Hidayat, Rais and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B dan IV C Di Sekolah Dasar Sukamantri 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019PGSD FATIMAH N.pdf Download (71kB) |
Abstract
ABSTRAK Fatimah Nurhabibah, 037115012. Perbedaan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Dengan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Sukamantri 03 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor kelas IV-A, IV-B dan IV-C, pada bulan April 2019. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 28 soal, dengan koefisien 0,89. Teknik analisis yang digunakan yaitu uju prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Pada uji normalitas, ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung 0,055, pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung0,09 pada kelompok kelas konvensional didapat nilai Lhitung 0,02, sedangkan untuk jumlah sampel 92 dan taraf signifikansi sebesar α = 0,05 diperoleh Label sebesar 0,15. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai Xhitung sebesar 2,26 lebih kecil dari Xtabel yaitu 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis model Discovery Learning dan model Problem Based Learning didapatkan nilai thitung sebesar (2,32) lebih besar dari ttabel sebesar (2,00758), menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pengukuran sudut melalui model Discovery Learning memberikan dampak yang lebih baik di kelas IV A (eksperimen A) dibandingkan dengan kelas IV B melalui model Problem Based Learning dan kelas IV C melalui model konvensional. Kata kunci: Hasil belajar, Discovery Learning, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:25 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:06 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4588 |
Actions (login required)
View Item |