Yansen, Yansen and Kusumaningtias, Intan Tri and Martha, Layung Paramesti (2018) PERSEPSI PELAJAR KOTA BOGOR TERHADAP LITERASI MEDIA TELEVISI (STUDI KASUS PADA PELAJAR SMK KOSGORO DAN SMK INFOKOM BOGOR JURUSAN PERTELEVISIAN). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
IMG_20220903_0002.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik siswa serta intensitas terpaan media siswa SMK KOSGORO dan SMK INFOKOM kota Bogor, untuk mengetahui persepsi siswa SMK KOSGORO dan SMK INFOKOM kot Bogor terhadap Literasi Media Televisi dan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik dan intensitas siswa SMK KOSGORO dan SMK INFOKOM kota Bogor terhadap persepsi siswa SMK KOSGORO dan SMK INFOKOM kota Bogor terhadap Literasi Media Televisi. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 76 orang siswa SMK KOSGORO dan SMK INFOKOM Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji kolerasi menggunakan rumus Chi Square dan Rank Spearman, pada pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas dari 76 responden merupakan perempuan dengan usia antara 16 dan 17 tahun serta memiliki ang saku sebanyak Rp. 300.000-Rp. 600.000, mayoritas responden menonton tayangan televisi sebanyak 1-7 kali dalam sebulan dengan dunsi sebanyak 5-10 jam per bulan, mayoritas responden sangat sering menonton tayangan hiburan, tetapi para responden berpendapat bahwa tayangan televisi yang ada saat ini belum cukup baik. Terdapat 3 variabel dalam penelitian ini yaitu variabel X₁ (Karakteristik Siswal X: (Intensitas Menonton) dan Y (Persepsi Pelajar Terhadap Literasi Media Televisi). Mayoritas responden menyatakan setuju dengan pernyataan yang diajukan variabel Y yaitu persepsi pelajar terhadap literasi media televisi di SMK Kosgoro dan SMK Infokom kota Bogor untuk indikator kognitif, afektif dan konatif, mayoritas responden menyatakan setuju dengan pernyataan yang diajukan. Berdasarkan hasil uji hubungan antara Intensitas menonton tayangan televisi dengan persepsi pelajar terhadap literasi media televisi, dari hasil tersebut hanya indikator usia pada variabel karakteristik yang memiliki hubungan dengan indicator pade variabel Y yaitu aspek kognitif, tetapi tidak terdapat hubungan dengan indikator lainnya, sementara itu pade variabel intensitas, indikator durasi pada variabel intensitas tidak memiliki hubungan dengan variabel Y, sementara itu indikator frekoomi menilai hubungan terhadap aspek konatif dan indikativ sikap dan minat memiliki hubungan terhadap aspek afektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:21 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4656 |
Actions (login required)
View Item |