PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

Nugroho, Ardi Nata and Muhajan, Tatang and Safitri, Nurlinda (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD ARDI.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Ardi Nata Nugroho, 037117023. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas VB dan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VA. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Kelas VA dan Kelas VB pada bulan Juli sampai Agustus semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 81 dengan kriteria tingi, dan nilai model konvensional sebesar 70 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,139 ≤ 0,161, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,058 ≤ 0,161. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,35 ≤ 1,88.Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 14,59 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00404, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran kesatu melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Konvensional. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:48
Last Modified: 26 Aug 2022 12:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item