PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor)

Prihatini, Hermi Julia and Retnowati, Rita and Triasianingrum (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 P. BIO HERMI.pdf

Download (72kB)

Abstract

HERMI JULIA PRIHATINI. 036111050. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S., dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan student facilitator and explaining (SFAE) pada materi sistem gerak dan sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 s/d 29 Oktober 2015 dengan jumlah siswa 36 orang. Proses penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observer/pengamatan dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan uji reliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa siklus 1 mencapai 71,10 dengan presentase ketuntasan minimum hanya mencapai 69,44% sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai mencapai 76,89 dengan presentase ketuntasan mencapai 80,56%. Rata-rata hasil belajar afektif siswa siklus 1 yaitu 70,21 dengan presentase ketuntasan 72,22% dan pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat mencapai 73,67 dengan presentase sebesar 77,78%. Hasil belajar psikomotor siklus 1 rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 70,70 dengan presentase hanya mencapai 62,50%, sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,83 dengan presentase mencapai 77,78%. Aktivitas on task siswa pada siklus 1 mencapai 69,44%, sedangkan pada siklus 2 aktivitas on task siswa mengalami peningkatan mencapai 80,03%. Berdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-B SMP PGRI 12 Bogor. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Student Facilitator and Explaining (SFAE), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:04
Last Modified: 16 Sep 2022 04:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item