Sifa, Meliyani and Mahajani, Tri and Suhendra (2020) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PUISI KELAS VIII SMP ISLAM CIJERUK KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2020 PBSI MELIYANI.pdf Download (67kB) |
Abstract
Meliyani Sifa: Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Puisi Kelas VIII SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana kegiatan yang dibuat oleh guru dengan jangka waktu satu pertemuan atau lebih yang mengacu pada silabus, buku teks pembelajaran dan buku panduan guru untuk mencapai suatu kompetensi dasar. Ada beberapa kompenen yang penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) salah satunya adalah model pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learningdalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) puisi kelas VIII SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Penelitian ini memfokuskan pada model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) puisi kelas VIII SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor dan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning, yaitu stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataaan/identifikasi), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), generalization (menarik kesimpulan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui langkah-langkah dan kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif atau penelitian secara utuh dan menyeluruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dengan mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) puisi kelas VIII SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Hasil analisis yang ditemukan, yaitu 24 data yang terdiri atas 4 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah menerapkan enam langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Kegiatan yang dilakukan pada model discovery learning yaitu, melihat, mengamati, membaca, menulis, mendengar, menyimak, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan dan menarik kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwaRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut sudah menerapkan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning . Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Puis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:08 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:58 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4762 |
Actions (login required)
View Item |