ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP BOGOR

Primawati, Rania Najla and Nurjaman, Aam and Talitha, Stella (2020) ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PBSI RANIA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Rania Najla Primawati: “Analisis Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2020. Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran tidak luput dari penggunaan model pembelajaran yang dipilih oleh guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Model pembelajaran discovery learning memiliki enam sintak atau langkah pembelajaran, yakni stimulus atau pemberian rangsangan, pertanyaan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah model pembelajaran discovery learning, serta kesesuain model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dan sumber data dalam penelitian ini ialah rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ialah teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam keseluruhan RPP yang telah dikaji, yaitu RPP SMP Bina Putera, SMPN 1 Cisarua, SMPN 3 Cibungbulang, SMPN 1 Dramaga, dan SMPN 4 Bogor. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, model discovery learning, teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:10
Last Modified: 15 Sep 2022 03:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item