ANALISIS PEMBINGKAIAN KASUS KEBOCORAN DATA FACEBOOK PADA MEDIA KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA ONLINE (TANGGAL 5 APRIL 2018)

KURNIASARI, DESI and YUDHA GINTING, WIRANTA and SOVIA FIRDAUS, DWI RINI (2019) ANALISIS PEMBINGKAIAN KASUS KEBOCORAN DATA FACEBOOK PADA MEDIA KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA ONLINE (TANGGAL 5 APRIL 2018). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-25-2022 13.35.pdf - Published Version

Download (895kB)

Abstract

Facebook Pada Media Kompas.com dan Republika Online (Tanggal 5 April 2018). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Wiranta Yudha Ginting dan Dwi Rini Sovia Firdaus. Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era saat ini menjadikan salah satu teknologi komunikasi menjadi lebih maju dalam penyajiannya. Salah satunya media online dengan kecepatan dalam memberitakan menjadikan media online sebagai media yang begitu banyak di harapkan bisa memberikan informasi pemberitaan dengan cepat dan mudah diakses oleh siapa saja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana framing yang dilakukan oleh media online dalam melihat sebuah peristiwa yang akan diberitakan. Serta melihat bagaimana pengaruh kepemilikan dan upaya media online untuk menjaga posisi netral dan objektifitas dalam pemberitaannya. Pemberitaan mengenai Facebook yang mengalami kebocoran data sebagian penggunanya ke perusahaan pihak ketiga bernama Cambridge Analytica tidak hanya berdampak besar bagi media tetapi juga masyarakat. Sebanyak 1 juta data pengguna Facebook di Indonesia masuk dalam total 87 juta data pengguna Facebook yang bocor ke Cambridge Analytica. Ada pro dan kontra dalam menanggapi peristiwa tersebut. Pro dan Kontra penghapusan Facebook yang memuat banyak pagar #deletefacebook di media sosial lainnya menjadi topik yang hangat yang diangkat oleh media. Pada penelitian ini ada 10 berita yang dianalisis dari keseluruhan berita Kompas.com dan Republika Online. Kompas.com memuat 5 berita sedangkan Republika Online memuat 5 berita. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dalam proses penelitian menunjukan bahwa framing dari kedua media sangat berbeda. Seperti framing Kompas.com lebih menunjukan dalam pemberitaannya mengenai kesalahan Facebook. Sedangkan Republika Online dalam pemberitaannya mengenai solusi dari berbagai pihak dalam mengatasi masalah kebocoran Facebook.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:33
Last Modified: 25 Aug 2022 07:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item